Rabu, 19 September 2018

Kegiatan BKPA



BKPA
( BIRO KONSULTASI DAN PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI )
FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
UNIVERSITAS SEMARANG

Penanggung Jawab
-          Dekan FTP (Ir.Haslina, M.Si)
Pengarah
-          Wakil Dekan (Ir.Dewi Larasati, M.Si)
Ketua
-          Ir.Endang Bekti Kristiani, MP
Sekretaris
-          Aldila Sagitaning Putri, S.Si, M.Sc
Bendahara
-          Teti Susilowati, SE, MM
Koordinator Pelatih
-          Nani Cahyanti, S.Si, M.Si


VISI
Menjadi unit layanan yang memberikan jasa konsultasi di bidang ilmu dan teknologi pangan kepada masyarakat berbasis komoditas lokal yang berkualitas dan aman untuk kesehatan masyarakat.
MISI
Memfasilitasi kepada masyarakat tentang diversifikasi olahan pangan.
Adapun kegiatan yang pernah dilakukan oleh Tim BKPA adalah:Memberikan pelatihan makanan olahan hasil pertanian kepada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Demak Pada Tanggal 28 Februari 2018.
KEGIATAN BKPA
Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Demak menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal bagi Kelompok Wanita Tani, Pengelola Lumbung Pangan, dan lain lain. Pada tanggal 28 Februari 2018 di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Demak , Jl. Bhayangkara Baru No.105, Demak. Pada kegiatan tersebut,  FTP-USM mengirimkan salah satu staf pengajar sebagai nara sumber pada kegiatan tersebut, untuk memberikan materi dan praktek tentang olahan pangan bebasis kacang hijau dan karak beras.




Kegiatan tersebut diikuti oleh para pelaku usaha pangan olahan, anggota PKK/Dharma Wanita dan petugas di Kabupaten Demak sebanyak 40 orang.
Materi yang diberikan pada kegiatan tersebut berupa teori Bahan Tambahan Pangan dan Keamanan Pangan untuk industri kecil, praktek olahan pangan berbasis kacang hijau dan karak beras.
Berikuit kegiatan pelatihan
1.       Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal Kegiatan P2KP, Kabupaten Wonogiri, 2016.
2.       Pelatihan Teknologi Pengolahan Pangan Non Beras, Kabupaten Brebes, 2011.
3.       MOU dan Pelatihan Olahan Pisang di Kabupaten Demak, 2010.
BIAYA PELATIHAN
Peserta  : Rp.50.000,00 / org (2 resep)
Tempat : Laboratorium Rekayasa Pangan,
                 Universitas Semarang.
Contact Person: Aldila 08 7832 49 7832


Pengenalan dan Pelatihan Pembuatan Crispy Bar
Dari Karak Beras

Dalam rangka kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat oleh Staf Dosen TP-USM, pada hari Rabu, 28 Februari 2018 di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Demak , Jl. Bhayangkara Baru No.105, Demak, telah diadakan sosialisasi dan pelatihan cara pembuatan Crispy Bar darikarakberas. Kegiatan berupa presentasi teori tentang pangan fungsional, serta demo pembuatan Crispy Bar dipandu oleh: Ir.EryPratiwi,M.Si dan Aldila Sagitaning Putri,S.Si,M.Sc diikuti oleh sekitar 40 orang.
Disamping untuk lebih mengenalkan produkolahan crispy bar di kalangan masyarakat luas, juga untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan masyarakat umum dalam pembuatan crispy bar. Sehingga diharapkan bahwa setelah kegiatan tersebut, para peserta dapat lebih mengenal dan mengetahui apa itu pangan fungsional, manfaat karakberas dan crispy bar, sehingga mereka menjadi lebih paham dan tahu manfaat apa yang didapatkan.
Materi teori yang diberikan berupa : pangan fungsional (definisi, kriteria, peranan), karakberas (definisi, macam, manfaat), efek kesehatan,
Pelatihan diisi demo pembuatan Crispy Bar darikarakberas serta kiat-kiat keberhasilan dalam pembuatan crispy bar; sehingga para peserta nantinya dapat membuat dan pengolahan Crispy Bar di lingkungan masing-masing. Tahapan cara pembuatan crispy bar yang diajarkan didesain sederhana mungkin, mudah dilakukan dan murah, serta menggunakan peralatan yang ada di rumah masing-masing.
Pada kegiatan tersebut juga dibagikan kuisioner sebelum dan sesudah kegiatan, untuk evaluasi/menjajaki keberhasilan kegiatan. Pada akhir acara untuk setiap masing-masing peserta diberikan produk Crispy Bar untuk dinikmati.

 
Produk Crispy Bar Karak Beras


Biro Konsultasi dan Pengembangan Agroindustri-Universitas Semarang (BKPA-USM), Alamat : Kampus Terpadu USM, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian  (Gedung V) Jl. Soekarno-Hatta (Arteri Tlogosari) Semarang
- Melayani pelatihan / kursus, konsultasi,  di bidang Pertanian / Teknologi Hasil Pertanian / 
  Teknologi  Pangan dan Rekayasa Pangan. 
- Melayani kursus pembuatan tepung mocaf jarak jauh / tertulis via email. 
   Kontak : Bu Aldila (08 7832 49 7832)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar