Senin, 06 November 2023

 Tim PkM FTP-USM Mengadakan Pelatihan Pangan Sumber Probiotik Dan Inovasi Produk Yoghurt Bagi Siswa SMA Muhammadiyah 4 Kabupaten Kendal

Pangan probiotik merupakan makanan yang mengandung bakteri baik dalam jumlah  cukup dan masih hidup bila dikonsumsi untuk membantu menyeimbangkan kehidupan mikroflora atau mikroba pada saluran pencernaan (gut microbiota). Apabila mengonsumsi makanan/minuman yang mengandung bakteri baik (makanan/minuman probiotik) dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh agar dapat melawan pertumbuhan bakteri jahat, karena bakteri probiotik mampu membunuh bakteri lain dengan menghasilkan zat-zat antibiotic-like dalam jumlah kecil, seperti asam laktat, asam benzoat, asam asetat, hidrogen peroksida, asidolin, laktosidin, dan asidofilin.

Minuman probiotik yang berasal dari susu sapi atau susu dari sumber lain, melalui proses fermentasi, merupakan minuman yang menyehatkan dan banyak disukai oleh berbagai kalangan. Kandungan gizi yang ada pada segelas atau seporsi susu probiotik dapat menyehatkan tubuh manusia, selain menguntungkan bila dikonsumsi setiap hari. Produk susu probiotik juga dapat menguntungkan bagi pelaku usaha apabila dijadikan sebagai produk yang dijual. Contoh produk susu probiotik yang sudah banyak beredar di pasaran seperti : yoghurt, yakult, kefir, susu acidophillus


Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (FTP-USM) mengadakan Pelatihan Pangan Sumber Probiotik dan Inovasi Produk Yoghurt Bagi Siswa SMA Muhammadiyah 4 Kabupaten Kendal. Kegiatan yang didanai oleh  Universitas Semarang (USM) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) diselenggarakan oleh Tim PkM FTP-USM terdiri atas Ketua Ika Fitriana, S.TP, M.Sc; anggota Antonia Nani Cahyanti, S.Si, M.Si dan Ir. Adi Sampurno, M.Si dilaksanakan di kampus FTP-USM jalan Arteri Soekarno-Hatta, Pedurungan Semarang. Kegiatan yang dibantu oleh beberapa mahasiswa FTP dan Orma FTP-USM bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai jenis pangan probiotik dan inovasi produk yoghurt, kandungan gizi yang berkaitan langsung dengan kesimbangan mikroba saluran pencernaan (gut microbiota), serta peluangnya untuk menumbuh kembangkan jiwa wirausaha sebagai salah satu mata pelajaran sesuai kurikulum Merdeka Belajar.


Pada kegiatan yang diikuti oleh 44 siswa dan 5 guru pendamping, Adi Sampurno memfokuskan pada materi sosialisasi  tentang “Pangan Lokal Hasil Proses Fermentasi sebagai Sumber Probiotik”. Antonia Nani Cahyanti menyampaikan tentang “Peranan Pangan Probiotik untuk  Mikroflora Usus (gut microbiota)” dan Ika Fitriana memberikan materi “Inovasi produk yoghurt untuk meningkatkan kewirausahaan siswa”.

Kegiatan dilengkapi dengan pelatihan/praktek dan demo pembuatan yoghurt dan inovasi produk yoghurt, dilaksanakan di laboratorium Mikrobiologi Pangan dan laboratorium Sensori, dipandu oleh  Laboran dan asisten laboratorium serta mahasiswa FTP-USM.

Manfaat yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah sebagai sarana transfer ilmu pengetahuan dan teknologi kepada Masyarakat, khususnya siswa-siswi SMA Muhammadiyah 4 Kabupaten Kendal sehingga dapat berguna saat mereka lulus kelak dan berminat berwirausaha dibidang kuliner/pangan. Kepala sekolah Sunarmi, M.Si berharap kegiatan Goes to Campus ini dapat terus berkelanjutan dan ditingkatkan melalui MOU antara SMA Muhammadiyah 4 Kendal dengan FTP-USM.  (adies)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar