Sabtu, 25 Juni 2011

PROGRAM PMT-AS BERBASIS IKAN DI 6 KOTA/KABUPATEN JATENG

Dalam rangka pelaksanaan bentuk kerjasama antara Fakultas Teknologi Pertanian Univ. Semarang (FTP-USM), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jateng dan Tim Penggerak PKK Propinsi Jateng, berupa Fasilitasi Peningkatan Kemampuan Pengelola Warung Sekolah pada program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS), telah dilakukan Pelatihan pembuatan berbagai jajajan anak sekolah berbasis ikan di 6 Kota/Kabupaten Jateng. Kegiatan yang telah dimulai pada tanggal 29 Mei sampai pertengahan Juli 2011 akan mencakup : Kabupaten Semarang, Kota Magelang, Kota Salatiga, Kota Pekalongan, Kabupaten Banjarnegara dan Kota Surakarta.
Pada pelatihan tersebut oleh tim BKPA-USM diajarkan kepada peserta sebanyak 15 resep jajanan anak sekolah berbasis ikan. Pelatihan diikuti oleh komponen : pengelola warung/kantin sekolah, komite sekolah, pedagang makanan dilingkungan sekolah, kader PKK kota/kabupaten setempat, serta pihak lain yang dipandang mampu dan berkepentingan untuk bisa menyebarluaskan hasil pelatihan, guna lebih memasyarakatkan gerakan "gemar makan ikan (GEMARI)" di Jateng. Beberapa jenis olahan ikan diajarkan seperti : cimol ikan, nugget dan kaki naga ikan, martabakikan, otak-otak, sate lilit, cake ikan, dan lain-lain.
sate lilit bali
Selain sosialisasi jajanan anak sekolah berbasis ikan, juga dijelaskan cara pengolahan pangan yang baik, benar, aman dan sehat. Disamping itu juga dilakukan promosi pendaftaran mahasiswa baru Jurusan Teknologi Pangan-Universitas Semarang (TP-USM).

3 komentar:

  1. Awal tahun 2012 ini BKPA-USM akan keliling ke 10 kabupaten/kota untuk mengadakan pelatihan PMTAS kembali
    Salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kunjungi juga webblog : www.pojokkampusblog.blogspot.com

      Hapus